Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Sisa Secara Cepat

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner
iklan 300*250
Menghilangkan bekas jerawat merupakan hal yang terkadang menyebalkan dan susah. Bekas jerawat memang sangatlah mengganggu penampilan anda terutama bekas jerawat yang ada di pipi dan dahi. Bekas jerawat ini sangatlah mecolok dan terlihat begitu jelas. Memang benar, jerawat meninggalkan bekas luka yang seharusnya segera dihilangkan dengan cepat. Tapi untuk menghilangkan bekas jerawat ini tentu bukanlah hal yang mudah jika tidak tau cara yang tepat.

Setidaknya ada dua pilihan cara yang populer dikalangan kita untuk mengusir bekas jerawat yang ada di muka. Pilihan pertama adalah dengan menggunakan obat dokter kulit dan pilihan kedua adalah dengan cara alami. Setiap pilihan tadi tentu memiliki keunggulan masing-masing. Semua pilihan sebenarnya tergantung kepada kita sendiri. Namun anda jangan keburu bingung dalam menentukan pilihan tersebut. Hadirnya artikel dalam blog ini akan membantu anda menemukan cara yang paling tepat bagi anda untuk menghilangkan bekas jerawat atau dalam bahasa Inggris biasa disebut acne scar.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Tanpa Sisa Secara Cepat

Apa sih penyebab munculnya bekas jerawat?
Tahukah anda bila bekas jerawat sebenarnya merupakan sebuah hasil dari luka yang ditimbulkan jerawat. Bekas jerawat mungkin saja akan semakin parah jika luka yang terjadi di kulit anda lebih dalam. Bekas jerawat dipicu oleh meradangnya kulit akibat dari produksi minyak atau sebum yang berlebihan dan bercampur dengan noda yang menempel serta sel kulit mati. Bercampurnya minyak, kotoran, dan sel kulit mati akan menutup pori-pori kulit dan menyebabkan sebuah infeksi pada jerawat anda. Jerawat akan membengkak karena kotoran yang menyumbat tadi. Sebuah proses sederhana seperti yang dijelaskan tadi bila didiamkan begitu saja sangatlah berbahaya dan menyebabkan luka dan berimbas pada timbulnya bekas jerawat.

Apa yang menyebabkan bekas jerawat semakin parah?
Sebelum mengetahui cara terbaik untuk mengobati bekas jerawat, ada kalanya anda mengetahui hal apa saja yang menyebabkan bekas jerawat semakin parah. Sebagian dari kita sampai mengerutkan kening karena bingung mengapa bekas jerawat semakin memerah dan tidak bisa memudar dan menghilang. Maka dari itu anda harus tau apa saja yang harus dihindari hal-hal yang memperburuk bekas jerawat yang ada pada wajah anda. Beberapa hal itu adalah sebagai berikut:

1. Paparan sinar matahari
Mungkin selama ini anda berpikir bahwa sinar matahari sangat baik bagi kulit anda. Namun jangan salah dengan presepsi itu. Paparan sinar matahari yang terlalu lama ternyata menimbulkan efek bumerang bagi bekas jerawat anda. Lebih parahnya lagi, sinar matahari akan memperlambat proses penyembuhan bekas jerawat dan menyebabkan bekas jerawat semakin gelap. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sinar matahari secara langsung. Jika terpaksa, gunakan tabir surya sebagai tameng untuk wajah anda.

2. Tangan yang kotor
Jujur saja terkadang kita merasa gemas dengan jerawat dan bekas jerawat yang ada dimuka. Hal ini menyebabkan kita dengan sengaja memegang jerawat tersebut karena terlalu gemasnya kita. Tahukah anda jika jari-jari kotor akan mengganggu proses penyembuhan dari bekas jerawat. Bakteri yang ada di tangan anda akan memperburuk keadaan jerawat seperti yang saja jelaskan diatas jika kotoran dan bakteri menyumbat pori-pori, maka bekas jerawat akan semakin parah. Maka dari itu, solusi terbaik dari hal ini adalah seringlah mencuci tangan anda agar tetap bersih dan jangan terlalu sering memegang bekas jerawat anda.

3. Jarang cuci muka
Jangan salahkan bekas jerawat yang susah hilang dan semakin parah bila anda sendiri jarang membersihkan muka.Kotoran dan minyak yang berlebihan harus segera dibersihkan. Pastikan wajah anda dibersihkan secara rutin setiap harinya. Mencuci muka dua kali sehari sangat dianjurkan untuk menghindari parahnya bekas jerawat dan yang terpenting juga adalah untuk menghindari timbulnya jerawat baru. Jika jerawat baru muncul diatas bekas jerawat yang lama, tentu hal ini akan memperburuk luka pada bekas jerawat anda.

Mana pengobatan yang cepat dan tepat untuk menghilangkan bekas jerawat?
Setelah mengetahui penyebab utama timbulnya bekas jerawat dan hal apa saja yang memperparahnya, sekarang saatnya anda mengetahui pengobatan yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat. Seperti yang saya jelaskan diatas, ada dua jenis pengobatan yang cocok untuk menghilangkan jerawat. Pengobatan itu adalah sebagai berikut.

1. Pengobatan bekas jerawat oleh dokter kulit.
Dokter kulit merupakan seseorang yang profesional dalam mengobati masalah kulit. Mereka tau jenis kulit kita dan mana perawatan yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, mereka juga mempunyai teknologi yang canggih sehingga dapat mempercepat penyembuhannya. Dokter kulit juga akan memberikan krim atau pembersih yang paling sesuai dengan jenis kulit anda, jenis jerawat, dan tingkat keparahan dari bekas jerawat yang anda miliki. Terkadang, anda  mungkin disarankan untuk menjalani perawatan kulit seperti mikrodermabrasi atau pengobatan menggunakan laser.

Salah satu perawatan yang paling efektif untuk bekas jerawat anda yang ditawarkan oleh dokter kulit adalah perawatan laser resurfacing. Manfaat terbesar dari penggunaan laser dibandingkan dengan perawatan lain seperti dermabrasi adalah bahwa tingkat pengobatan dapat dikontrol dengan tepat. Perawatan laser dapat dibagi ke dalam dua jenis yaitu ablatif dan nonablative. Perawatan laser ablatif akan merusak jaringan kulit untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Sedangkan laser non ablatif digunakan pada sel target tertentu dan tidak merusak jaringan di sekitarnya.

Selanjutnya adalah Chemical peeling. Chemical peeling dirancang agar dapat bekerja pada lapisan paling atas dari kulit dan dapat diaplikasikan langsung ke kulit wajah. Chemical peeling biasanya terbuat dari fenol, asam hidroksi, atau asam trikloroasetat. Untuk informasi lebih lanjut tenang pengobatan Chemical peeling, anda dapat menghubungi dokter kulit yang anda percayakan.

Segera buat janji dengan dokter anda dan diskusikan masalah tentang bekas jerawat ini. Setelah itu mereka pasti akan menawarkan pengobatan yang cocok untuk anda. Sekarang keputusan ada di tangan anda, apakah akan menerima tawaran tersebut atau menggunakan cara lain yaitu menggunakan pengobatan alami yang akan saya bahas dibawah. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana cara seorang dokter kulit (dermatologist) profesional melakukan pengobatan terhadap bekas jerawat yang anda miliki, silahkan anda akses pada artikel berikut ini (klik saja link dibawah ini) :

Tips dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat ala Dermatologist

2. Pengobatan bekas jerawat secara alami
Sebelum memulai membahas tentang pengobatan bekas jerawat secara alami dan dapat di buat di dapur rumah anda, saya harus memberitahu anda sebuah fakta yang paling penting. Pengobatan secara alami ini sangatlah murah jika dibandingkan dengan perawatan oleh dokter kulit. Pengobatan ini pasti efektif unntuk menghilangkan bekas jerawat, akan tetapi akan membutuhkan sedikit waktu untuk menunjukkan hasil yang memuaskan. Fakta selanjutnya, pengobatan alami ini dapat dicoba di rumah dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya dibandingkan dengan obat kimia.

Apakah anda tahu bahwa beberapa bahan-bahan alami yang kita gunakan sehari-hari dan dapat ditemukan dengan mudah di dapur rumah anda dapat sangat membantu untuk menyingkirkan bekas jerawat di wajah Anda? Hal terbaiknya adalahBagian terbaik adalah anda tidak perlu mengunjungi dokter kulit yang bagi beberapa orang harga perawatannya mahal dan mungkin juga memiliki banyak efek samping yang berbahaya. Pada bagian ini, saya akan memberikan beberapa solusi untuk menyingkirkan bekas jerawat secara cepat dengan bahan-bahan alami. Berikut ini beberpa abahan alami yang dapat anda gunakan sebagai pengobatan alami untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

1. Lemon
2. Tomat
3. Baking soda
4. Minyak kelapa
5. Lidah buaya
6. Madu
7. Putih telur
8. dsb

Itu tadi merupakan bahan-bahan yang alami untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat. Jika anda tau cara membuatnya, maka bahan-bahan diatas akan menjadi senjata alami untuk memerangi bekas jerawat. Namun sayang sekali karena saya tidak dapat membahas secara lengkap cara membuat bahan alami diatas menjadi senjata alami mengobati bekas jerawat pada artikel ini. Eiits, namun jangan bingung dan khawatir seperti itu. Anda dapat belajar membuat dan mengolah bahan-bahan tadi pada artikel berikut ini (klik saja link dibawah ini) :

Tips dan Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Selain tips utama yang sudah diberikan, saya juga memiliki beberapa tips tambahan yang mungkin perlu anda catat. Tambahan tips itu adalah hindari kebiasaan yang dapat memperparah kerusakan kulit dan mnimbulkan jerawat baru seperti jarang mencuci sarung bantal dan guling anda. Selain itu cucilah secara teratur kuas make-up anda supaya kotoran pada kuas hilang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang mencari cara untuk menghilangkan jerawat secara cepat namun aman dan tepat.
Back To Top